Larutan Senja Di Timur Jawa Dan Sejarah Yang Terlupakan

Dalam postingan ini gw merasa sedih, merasa bersalah, merasa gagal jadi warga asli Banyuwangi karena sampai saat ini enggak ada satu pun postingan di blog ini mengenai destinasi wisata yang ada di banyuwangi. Aaaah durhaka banget memang? Kalaupun ada pengadilan travel blogger di banyuwangi, tentu saja gw pertama kali yang akan di adili akibat enggak ada postingan sama sekali tentang pariwisata banyuwangi. 
Namun sebelum itu akan terjadi. Maka gw akan mengajak kalian bermanjah-manjah di pantai yang mempunyai panorama alam yang indah, pasir putih dengan air laut yang jernih, mempunyai gulungan ombak yang pas buat lo doyan bermain surfing, hingga senja yang bikin lo bengong karena kecantikannya. Awkarin mah lewat.

Dan dimanakah itu, iya di banyuwangi lah. Masak di israel.

Sebelumnya, mungkin di antara kalian berkata?

”Aah travel blogger macam apa kalau pariwisata di kota sendiri enggak lo angkat”

“Aah backpacker macam apa sih, kalau enggak ngasih tips-tips murah untuk berwisata ke banyuwangi”

Ok tenang dulu dong anak kuda. Dalam waktu dekat ini gw akan ngerekomendasi in tentang apa saja yang bisa kalian nikmati dengan murah di banyuwangi, tentu saja enggak murahan dan akomodasi yang engga bikin lo jual diri karena kehabisan duit muachahaha.

Sebelum lebih jauh lagi mengenai postingan ini gw akan ngasih liat foto senja terindah di ujung timur jawa.


PhotoBy@irfannmadi

Pulau merah tepatnya. Pantai yang di anugrahi berbagai macam keindahannya seperti kalian lihat dalam foto diatas, indahkan.iyalah banyuwangi. Tapi taukah kalian bahwa pulau merah ini akan di tetapkan menjadi Global Geopark Network (GGN) UNESCO atau Geopark Internasional.

Lah, masak sih? Iya dong .

Jadi begini anak muda, jika kalian semua pernah mengunjungi pulau merah atau akan mengunjungi pantai tersebut. Nah pasti kalian akan di suguhi perbukitan nan indah membentang di daerah pantai pulau merah. Nah perbukitan itulah tersusun oleh batuan formasi batuampar dan batuan terobosan Tersier. Formasi Batuampar tersusun oleh breksi gunungapi, tuf, batupasir tufan, lava andesit, dan sisipan batugamping. Sedangkan batuan terobosannya berupa andesit. Kedua umur formasi tersebut tersier 65 – 2,5 juta tahun yang lalu. Dari batuan-batuannya bisa disimpulkan bahwa pada Tersier daerah ini adalah daerah gunungapi. bukit yang berada tepat pada atas pantai pulau merah merupakan satu rangkaian busur vulkanik Tersier yang dikenal dengan nama busur pegunungan Selatan Southern Mountains Arc yang memanjang dari selatan jawa hingga ke Sumbawa. Busur tersebut menghasilkan deretan gunungapi yang aktif pada kala Oligosen – Miosen sekitar 30 – 10 juta tahun yang lalu. Busur tersebut sekarang menyisakan gunung-gunung api tua yang tererosi dan menghasilkan perbukitan-perbukitan Jadi pada intinya perbukitan yang berada di pulau merah tersebut sejarah geologi dulunya adalah gunungapi yang aktif pada puluhan juta tahun yang lalu oleh karena itu pulau merah ini akan di tetapkan menjadi geopark international atau Unesco. #ntab. Baru tau kan? sama.

Kunjungan gw ke pulau merah ini mungkin ke 232.343.232 kali. Dari seringnya gw kesini, enggak bosen-bosennya gw habiskan waktu saat sore hari disini, selain bisa enjoy menikmati senja dibibir pantai, gw pun sering berenang di pantai dengan air laut yang jernih dengan pasir putih yang halus enggak kalah halusnya ama pahanya ariel tatum dan jika kalian doyan bermain surfing enggak usah khawatir, disini juga terdapat penyewaan papan surfing yang bisa kalian sewa dan kalian bisa nikmati gulungan ombak di padu sinar senja manjah disore hari seperti di bawah foto ini.



Sesuai dengan judulnya gw pun ingin pamerin larutan senja yang indah di ujung timur jawa.


   


Nah keren kan. Lebih kerennya lagi kalian mengunjunginya.





1 comment:

Powered by Blogger.