Travel Blogger Indonesia Yang Menginspirasi

Banyak dari teman saya menanyakan? Kenapa kamu kok tiba-tiba menyukai dan menjadi travel blogger. Kenapa kok enggak menyukai Vpn online yang bisa membuka situs b*k*p. Yah itu menjadi bagian dari saya juga si sebenarnya muahahah. Ehh enggak-enggak #bercanda.

Mungkin jawabannya akan rugi juga kita mempunyai foto bagus mengunjungi di berbagai tempat  yang ada di indonesia atau bahkan berbagai negara tapi tidak mempunyai karya cerita di dalam perjalananya tapi itu tergantung dari perspektif kalian masing-masing si. 

saya mikir, di zaman sekarang ini kita harus cerdas mencari sesuatu hal yang baru dan menjalankannya, yah walaupun hal yang baru itu juga banyak. Contohnya yah yang saya jalani saat ini.

Dulu sewaktu saya suka bermain musik engga kenal yang namanya traveling saya menganggap bahwa dunia traveling, travel photograhpy saya menganggap itu enggak banyak orang yang berkarya mengenai foto namun setelah saya masuk di dunia tersebut? Laaaahhhh uda buanyak sekali.

Nah saya pun memikirkan lagi bahwa apa yang harus saya lakukan menyukai kegiatan outdoor/traveling selain saya bisa mendokumentasi foto seperti klik disini

Yah Travel blogger jawabannya. Namun sebelum masuk di dunia travel blogger saya pun juga menganggap bahwa travel blogger indonesia enggak lebih dari 100 orang. Lah pas ketika saya masuk di dunia tersebut. Laaaaah kok buanyaak sekali yah. 
Karena saya mikir travel blogger uda menjadi pasangan terbaik untuk kegiatan jalan-jalan. Yah, saya jalani. toh kita juga bisa menceritakan hal-hal yang lain bukan hanya sekeder menceritakan perjalananan saja namun juga bisa menceritakan apapun itu. seperti halnya postingan saya ini. Dan saya menganggap bahwa travel blogger membuat saya lebih bisa untuk berkarya lebih lagi. 

Dan tidak bisa di pungkiri juga bahwa kita menjalani profesi apapun itu kita juga menemukan orang-orang yang berhasil menginflunce diri kita sendiri supaya semangat berkarya dan kita pun bisa belajar dari orang tersebut yah walaupun belajar enggak harus bertemu orangnya langsung. 

Berikut orang-orang yang menginspirasi selama saya tekuni menjalani hidup sebagai travel blogger dan saya pun sering nongol di blognya. Selain saya bisa belajar penulisan, saya pun juga bisa mengambil sisi yang lain dari cerita orang orang hebat seperti travel blogger berikut ini ?

       1.  Agustinus Wibowo -  agustinuswibowo.com


Seorang backpacker asal Lumajang Jawa Timur lewat blognya ini Agustinus membagikan cerita perjalananya mengembara di negeri-negeri perang yang notebanenya bisa mengancam keselamatan jiwanya. Beliau pun tak lupa menuliskan apa-apa yang telah ia jumpai di sepanjang perjalanan tragis selama kelananya di asia tengah, negeri yang babak belur akibat serangan bom.

     Tidak cukup di blognya saja, Agustinus membagikan ceritanya melalui bukunya. Berikut 3 buku agustinus wibowo yang menceritakan tentang perjalanan gilanya.

- SELIMUT DEBU: Impian dan Kebanggaan dari Negeri Perang Afghanistan

Selimut Debu akan membawa Anda berkeliling “negeri mimpi”—yang biasa dihadirkan lewat gambaran reruntuhan, korban ranjau, atau anak jalanan mengemis di jalan umum—sambil menapaki jejak kaki Agustinus yang telah lama hilang ditiup angin gurun, namun tetap membekas dalam memori. Anda akan sibuk naik-turun truk, mendaki gunung dan menuruni lembah, meminum teh dengan cara Persia, mencari sisa-sisa kejayaan negara yang habis dikikis oleh perang dan perebutan kekuasaan, sekaligus menyingkap cadar hitam yang menyelubungi kecantikan “Tanah Bangsa Afghan” dan onggokan debu yang menyelimuti bumi mereka. Bulir demi bulir debu akan membuka mata Anda pada prosesi kehidupan di tanah magis yang berabad-abad ditelantarkan, dijajah, dilupakan—sampai akhirnya ditemukan kembali.

- GARIS BATAS: Perjalanan di Negeri-Negeri Asia Tengah

Penduduk desa Afghan setiap hari memandang ke “luar negeri” yang hanya selebar sungai jauhnya. Memandangi mobil-mobil melintas, tanpa pernah menikmati rasanya duduk dalam mobil. Mereka memandangi rumah-rumah cantik bak vila, sementara tinggal di dalam ruangan kumuh remang-remang yang terbuat dari batu dan lempung. Mereka memandangi gadis-gadis bercelana jins tertawa riang, sementara kaum perempuan mereka sendiri buta huruf dan tak bebas bepergian.

Negeri seberang begitu indah, namun hanya fantasi. Fantasi yang sama membawa Agustinus Wibowo bertualang ke negeri-negeri Asia Tengah yang misterius. Tajikistan. Kirgizstan. Kazakhstan. Uzbekistan. Turkmenistan. Negeri-negeri yang namanya semua berakhiran “Stan”. Perjalanan ini bukan hanya mengajak Anda mendaki gunung salju, menapaki padang rumput, menyerapi kemegahan khazanah tradisi dan kemilau peradaban Jalan Sutra, ataupun bernostalgia dengan simbol-simbol komunisme Uni Soviet, tetapi juga menguak misteri tentang takdir manusia yang terpisah dalam kotak-kotak garis batas.

- TITIK NOL: Makna Sebuah Perjalanan

Jauh. Mengapa setiap orang terobsesi oleh kata itu? Marco Polo melintasi perjalanan panjang dari Venesia hingga negeri Mongol. Para pengelana lautan mengarungi samudra luas. Para pendaki menyabung nyawa menaklukkan puncak.Juga terpukau pesona kata “jauh”, si musafir menceburkan diri dalam sebuah perjalanan akbar keliling dunia. Menyelundup ke tanah terlarang di Himalaya, mendiami Kashmir yang misterius, hingga menjadi saksi kemelut perang dan pembantaian. Dimulai dari sebuah mimpi, ini adalah perjuangan untuk mencari sebuah makna.Hingga akhirnya setelah mengelana begitu jauh, si musafir pulang, bersujud di samping ranjang ibunya. Dan justru dari ibunya yang tidak pernah ke mana-mana itulah, dia menemukan satu demi satu makna perjalanan yang selama ini terabaikan.”Agustinus telah menarik cakrawala yang jauh pada penulisan perjalanan (travel writing) di Indonesia. Penulisan yang dalam, pengalaman yang luar biasa, membuat tulisan ini seperti buku kehidupan. Titik Nol merupakan cara bertutur yang benar-benar baru dalam travel writing di negeri ini.”

2.      Adis Takdos – whateverbackpacker.com



Travel blogger satu ini yang membuat saya selalu tertawa ketika saya membaca cerita perjalannya. Adis seorang mahasiswa yang di Drop Out oleh pihak kampus karena sering melakukan perjalanan panjangnya seperti nama blognya yang di kasih embel-embel backpacker. Yah dia seorang backpacker yang bergelar gembel kalau di gabungin yah backpacker gembel lah. Uda puluhan negera yang uda dia datengin dengan budged seadanya. Bukan hanya itu saja adis pun juga membuat Buku:

- Koar-Koar Backpacker Gembel

Si adis memperkenalkan dirinya di buku pertamanya?

Kenalin, nama gue Adis! Bosan terperangkap rutinitas, gue malah jadi kecanduan jalan-jalan meski kantong ini tipis. Sejak saat itu, dimulailah cerita gue sebagai backpacker gembel. Modal berburu tiket murah, beberapa bungkus mi instan, sarung buat gembolan… berangkaaat~!

Tapi, jangan salah, petualangan gue nggak kalah serunya dibanding turis gedongan.Gue pernah joget-joget bareng para lady boy di Phuket—Thailand, adu jotos sama babon bule-tinggi-gede asal Rusia, main di gorong-gorong sisa perang —Vietnam, dan ngobrol pake bahasa Tarzan di semua tempat yang gue kunjungi.Dan, yang lebih menakjubkan, gue terpesona jingganya matahari terbenam di sebuah desa terpencil, Calabai; tersesat asyik di lebatnya rimba Kalimantan; sampai tersihirindahnya negeri Indonesia dari atas Gunung Tambora—NTB.

-    Whatever Im Backpacker

Ini juga sama seperti di atas masih tentang cerita backpackerannya dengan budget minim tapi oke lah, bisa banget, kenapa tidak, tutur penulisannya pun membuat kita enggak bosen untuk melanjutkannya yah walupun si adis takdos bukan stand up comedy yang ada di tipi-tipi namun adis sukses membuat orang tertawa walupun lewat penulisannya, mantab cukk.

3. Sutiknyo – lostpacker.com




Siapa yang enggak kenal am si lostpacker hemmmbbb berarti kalian kurang pergaulan melalui medsos whahahah. Awal pertama kali ketemu kemarin dalam acara lumix bareng om benny kadar seorang photographer/videographer hebat. Si lostpacker atau biasa di sebut mas bolang. Kenapa mas bolang? Yah karena memang sering mbolang kemana-mana. Yang paling saya suka dari lostpacker adalah serial kembaranya yang memakai sepeda motor menuju indonesia timur dan videonya pun di youtube oke-oke banget. semangat mas bolang kamu sangat menginspirasi saya. tak dungak ne ndang-ndang mbojo whahaha.

4. Ariev rahman – backpackstory.me



Si mas ariv rahman yang ceritanya gila banget pantas saja selalu mendapat penghargaan travel blogger terbaik di indonesia. Yah sangat pantas? Karena memang enggak sekeder cerita-cerita pendek saja namun lebih dari itu, semua nya di tulis mulai beeuuuh keren parah. Si ariev saat ini saya denger-denger lagi membikin konten makan-makan di youtubenya  youtube/arievrahman liat aja. Siapa tau kalian pas liat videonya ikut merasakan kenikmatannya juga, ya kan. Muacahahaha

5. saya enggak ngasih riview banyak-banyak karena semuanya buat saya menginspirasi, berikut travel blogger favorite yang saya inspirasikan:

  1. http://wiranurmansyah.com/ 
  2. https://thetravelearn.com
  3. https://bangdzul.com/
  4. http://www.missnidy.com
  5. https://virustraveling.com
  6. http://travelawan.com
  7. https://www.dinilint.com/
  8. http://ranselkecil.com
  9. https://coffeebreakstory.com/
  10. http://www.alamasedy.com
  11. http://amrazing.com
  12. https://jilbabbackpacker.com/
  13. http://www.vikaoctavia.com/
  14. http://www.jalanpendaki.com/
  15. http://www.travelerien.com/
  16. http://lucianancy.com/
  17. http://pergidulu.com/
  18. http://www.backpacker-notes.com/
  19. http://www.ranselkosong.com/
  20. http://heydeerahma.com/
  21. http://www.helloditta.com/
  22. https://www.efenerr.com/
  23. http://www.satyawinnie.com/
  24. https://gemala.me/
  25. https://www.dibaratdaya.com/
  26. https://donilaksono.com/
  27. https://yukkuy.com/
  28. http://www.catatanbackpacker.com/
  29. https://ibadahmimpi.com/
  30. http://www.irhamfaridh.com/
 6. jangan lupa komentar aja yah whahahahah


2 comments:

  1. Agustinus luar biasa memang buku-bukunya gilak parah, keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, sangat menginspirasi. Kenekatannya wajib di tiru muacahah

      Delete

Powered by Blogger.