100 Tips sebelum mulai melangkahkan kaki menjelajah negeri




Uda beberapa bulan ini gw engga posting artikel sama sekali. Ibarat rumah blog ini uda angker banyak sarang laba-laba, banyak tuyul dan mbakyul, enggak ada penghuninya, seram banget, terus kalau ada tukul arwana pasti akan masuk Tv yang judulnya Dua dunia. humbbb mengerikan bukan. 





Oke enggak basa-basi mari di mulai.

Dalam postingan ini gw mau jawab pertanyaan kalian yang uda gw cuekin selama berbulan-bulan lamanya. sombong banget emang. Tapi percayalah kawan beberapa bulan ini gw sibuk buanget mikirin bagaimana caranya gw bisa balikan sama mantan gw.


Iya maudy ayunda namanya. Hhmmmmuachahah.
Bukan, bukan ini yang gw maksud.

Jadi pertanyaannya enggak jauh-jauh dengan judul di atas  “Gimana sih caranya traveling sendiri?, lalu apa yang harus di takuti?” ,  “Aman enggak sih kalau jalan sendiri ke luar pulau?” , “kok km nekat sih jalan sendirian?”, “kok enak sih jalan sendirian?”,”kok enggak ngajak aku sih bang kalau jalan-jalan?”,"Kok masih jomblo aja sih mas?" dan masih buanyak lagi pertanyaan-pertanyaan semacam itu yang membuat gw ingin berbagi sedikit cerita dan ngasih tips untuk pergi-pergian dengan senang hati dan sengsara dikit whahaha.

Cekidot lah!

Sebelumnya gw ngasih tau dulu awal saat dimana gw traveling sendirian ke tempat yang enggak pernah gw kunjungi dan bahkan di luar pulau.

Dalam bus reot Gilimanuk menuju Denpasar

Nah. 2016 Waktu dimana gw paksain ke diri  gw sendiri untuk pergi pulau Lombok. Pulau yang indah banget, keren tiada tara. Kalian cari apa disini candi burobudur, monas, jembatan suramadu, yah enggak ada lah?

Sebuah insiden kenekatan tersebut berawal dari gw menangin kompetisi foto yang di adain oleh @pergi.com yang berhasil gw rampok senilai 2 juta rupiah untuk pergi sesuka gw dengan maskapai senyaman-nyamannya. Namun sebelum gw berangkat banyak kekhawatiran dan pertanyaan yang sebenarnya enggak harus dipikirin. Tapi yah maklumjuga?  waktu itu, waktu dimana gw masih bocah banget untuk soal pergi-pergian. Enggak ada pengalaman sama sekali untuk traveling jauh bahkan deket antar kota pun enggak pernah  sama sekali.
Ibarat anak kecil gw masih ingusan terus gw jilat sendiri ingus gw, rasanya asin-asin gimana gitu, iya begitulah. Enggak tau apa-apa.

Tanpa pikir panjang gw pesen tiket Garuda Indonesia yang cuma habis 1 juta rupiah untuk tiket pulang-pergi yang gw dapetin dari @pergi.com yang gw tempuh dari bandara I Gusti ngurah rai Denpasar menuju Praya Lombok tengah.
Dari pengalaman 5 hari itulah gw lebih berani lagi. Lantas ke khawatiran yang gw takutin tidak terjadi sama sekali?  Yang akan tersesat di pulau orang, jatuh dari pesawat, takut di rampok, takut diperkosa kuntilanak. Semua itu enggak terjadi pada diri gw.
Dan bahkan gw jadi ketagihan traveling sendiri sampai saat ini.  Karena traveling sendirian membuat gw lebih mandiri (mandi sendiri) iya lah. Membuat gw jauh lebih dewasa(itu uda wajar),  lebih menemukan hal baru yang belum gw temuin dan rasakan sebelumnya, dan pada  intinya saat lu bepergian lu engga akan rugi lah. #percaya
Nah, kali ini gw akan ngasih 100 tips buat lu yang masih takut untuk traveling sendirian dan apa saja yang harus lu persiapin.
1. Persiapin Uang uda itu! Kalau lu enggak punya uang yah tidur aja uda muacahaha. Eits engga-engga bukan itu yang maksud? Jadi begini guys? Uang adalah penentu lu akan pergi jauh apa deket, lama atau sebentar, makan enak-enak atau Cuma indomie aja uda nikmat.
Jadi lu bisa riset budget lu untuk pergi ke kota yang lu tujuh ada apa aja sana atau transportasi apa yang paling murah untuk menuju suatu destinasi. So, kalian bisa menentukan ke kota mana yang lu tujuh dengan budged yang lu punya dan enggak akan ke habisan duit juga.
2. Riset. Ini hal yang paling penting yang harus lu lakuin sebelum melakukan traveling sebab lu harus tau terlebih dahulu ada apa aja disana, engak mungkin juga lu datang jauh-jauh tapi cuma mengunjungi satu destinasi doang tanpa nyicipin makanannya, tanpa ngerasain perempuannya .
3. Buat itinerary perjalanan dan harus lu catet dalam buku, karena apa? Karena lu uda punya list/daftar destinasi mana yang lu tujuh, berapa jarak yang akan lu tempuh antara destinasi ke destinasi selanjutnya, Bikin sedetail mungkin kenapa karena lu enggak akan kebingungan pas uda sampek kota yang lu tujuh karena uda punya list dan itu juga akan membuat lu menjadi berani dan enggak akan bingung kayak orang kehilangan kesadaraan diri.
4. Persiapin perlengkapan lu apa saja yang harus lu bawak dengan teliti misal lu akan ke gunung masak lu bawak kacamata renang, enggak mungkin. Jadi sebelum hari H pergi lu uda nyicil apa saja yang lu akan bawak dan siapin baik-baik.
38.  Bersifat ramah lah terhadap orang yang lu jumpai selama di perjalanan. Menyapa dan mengobrol adalah salah satu yang akan membuat lu mempunyai teman dan bahkan akan bisa ngebantu lu saat dimana lu lagi membutuhkannya, manusia mah baik enggak ada yang jahat.
46. Urusan uang itu yang harus lu pentingkan ada beberapa uang yang memang harus lu selipkan atau lu simpan di beberapa tempat misal di dompet, di backpack, di celana dalam terserah lu usahakan lu pisahin aja. Jadi, kalau misal lu kehilangan dompet lu akan bisa mempunyai simpanan uang.
58. Jangan gampang percaya sama orang yang baru lu kenal, kalau percaya sama tuhan berarti lu punya agama.
69. Hindari tempat-tempat yang sepi, gelap gulita, mencekam karena disana lah nyali lu saat mengembara akan ciut.
78. Untuk urusan tidur lu enggak usah kebingungan masjid adalah tempat ternyaman saat lu mengembara karena disitulah fasilitas lu akan terpenuhi sampe-sampe lu di kasih surga tapi yah harus ibadah juga lah nyet.
100. Jangan lupa selalu berdoa. Karena Doa adalah kekuatan saat lu dalam perjalanan sendirian. Tuhan maha asik.
Iya itu lah Tips dari gw saat dimana lu mau melangkah untuk melakukan perjalanan sendirian. Intinya jangan pernah takut, lu gk akan tersesat. Lu akan nemuian banyak hal dari sebuah perjalanan, lu akan menyadari bahwa hidup bukan lah tentang menjalankan rutinitas yang itu-itu saja, lu akan lebih tumbuh dewasa, lebih menghargai banyak orang.
Dan apa yang gw rasain saat ini traveling sendirian itu sangat menyenangkan, lebih bebas melangkahkan kaki kemana saja yang gw mau.





No comments:

Powered by Blogger.